Perbandingan Honda Vario 150 eSP VS Yamaha Aerox 155

A. Honda Vario 150 eSP

Spesifikasi Honda Vario 150 eSP

Mesin
  • Tipe Mesin : 4-langkah, SOHC dengan pendinginan cairan, eSP
  • Kapasitas Mesin : 150 cc
  • Diameter x Langkah : 57,3 x 57,9 mm
  • Perbandingan Kompresi : 10,6 :1
  • Daya : 9,3 kW / 8.500 rpm
  • Torsi : 12,8 N.m / 5.000 rpm
  • Strarter : Pedal dan elektrik
  • Sistem Pelumasan : Basah
  • Pengoperasikan Gigi : Otomatis
  • Sistem Pembakaran : Injection
  • Tipe Kopling : Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Dimensi
  • PxLxT : 1.921 x 683 x 1.096 mm
  • Berat : 109 Kg
  • Jarak Sumbu Roda : 1.280 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 135 mm
  • Kapasitas tangki :5,5 liter
Rangka
  • Tipe Rangka : Tulang punggung
  • Suspensi Depan : Teleskopik
  • Suspensi Belakang : Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
  • Ban Depan : 80/90 – 14 M/C 40P
  • Ban Belakang : 90/90 – 14 M/C 46P
  • Rem Depan : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
  • Rem Belakang : Tromol – sistem pengereman CBS
Kelistrikan
  • Sistem Pengapian : Full Transisterized
  • Battery : ND U22EPR-9, NGK CPR9EA-9
  • Tipe Busi : NGK/CR9E
1. Desain
Melanjutkan kesuksesan New Vario 125 PGM-FI yang menyumbang angka penjualan yang tinggi sejak pertama kali diluncurkan membuat PT AHM masih menerapkan desain pokok Vario lawas tersebut ke dalam spesifikasi Honda Vario 150 eSP ini pada semua sisinya. Namun produk skuter matik terbaru Honda ini terlihat lebih mewah, agresif dan berkelas. Hal tersebut karena pengaplikasian desain yang begitu ekstrim seperti desain produk supercar terbaru mereka yakni Honda NSX Acura yang sangat keren dan lebih sporty. Dimulai dari desain dari livery warna Honda Vario 150 eSP terlihat begitu simpel karena hanya menghadirkan beberapa grafis yang mendung desain dari bodi motor. Tetapi dengan simpelnya desain tersebut membuat Honda Vario 150 eSP ini terlihat lebih menarik dan sporty.
2. Dimensi Lebih Besar daripada Varian Lawasnya
Honda Vario 150 eSP yang memiliki 5 varian warna ini memiliki dimensi 1.921 x 683 x 1.096 mm dengan berat kosong 109 kg. Dengan ukuran tersebut maka dimensi yang membalut spesifikasi Honda Vario 150 eSP ini lebih panjang 3 mm, lebih kecil lebarnya 6 mm dan lebih pendek 7 mm dibandingkan generasi lawas skutik ini sebelumnya. Bahkan dengan jarak sumbu roda belakang yang berkurang 1 mm cukup berefek untuk pengendalian menjadi sedikit lebih lincah. Hal tersebut juga dikarenakan memiliki bobot yang lebih ringan 3 kg dibanding generasi Vario 125 PGM-FI sebelumnya. Agar dapat menembus kawasan banjir ringan maka PT AHM menambah jarak motor ke tanah pada Honda Vario 150 eSP yaitu 7 mm lebih tinggi dari generasi sebelumnya.
3. Dual Keen Eyes Headlight yang Mempercantik Bagian Depannya
Konsep desain dari lekukan dan buritan bodi pada sisi depan dan samping dari spesifikasi Honda Vario 150 eSP yang kaku membuat skutik ini begitu terlihat gagah dan agresif. Apalagi dengan pengaplikasian Head Lamp berjenis Dual Keen Eyes Headlight yang menggunakan jenis lampu LED yang tergabung satu dengan lampu sein berbentuk menyirip membuat Honda Vario 150 eSP ini terlihat sangat agresif, mewah dan berkelas. Dengan pengaplikasian jenis lampu tersebut maka skutik ini dapat memberikan kemampuan sorotan cahaya yang lebih baik, lebih terang, lebih hemat daya listrik dan memiliki masa pemakaian yang lebih lama sehingga pengendara dapat berkendara dengan baik pada saat gelap atau malam hari.
4. Panel Indikator yang Lengkap
Beralih ke spesifikasi Honda Vario 150 eSP pada bagian atas dari kemudi, memiliki spedometer yang simpel namun futuristik. Dengan memiliki beberapa panel penunjuk seperti indikator kecepatan, indikator bahan bakar, indikator trip meter, indikator mesin dan indikator lampu serta sein dapat memberikan informasi yang mudah dibaca mengenai Honda Vario 150 eSP ini saat digunakan. Dashboard bagian penguncian skutik ini pun cukup lengkap sehingga memberikan keamanan yang maksimal saat skuter matik ini ditinggal jauh dari pengawasan pemilik. Pada pijakan kaki dashboard bagian bawah pun sangat luas sehingga dapat memberikan kenyamanan berkendara dengan Honda Vario 150 eSP ini.
5. Sisi Belakang yang Menunjukkan Sebagai Skutik Sporty
Beralih ke sisi belakang dari spesifikasi Honda Vario 150 eSP ini memiliki desain stop lamp dan sein menjadi satu yang baru dan lebih besar dari generasi sebelumnya. Namun dengan ukuran yang lebih besar ini membuat Honda Vario 150 eSP terasa lebih mewah dan berkelas seperti skutik premium Honda yakni PCX 150. Bagian spakbor belakang yang besar dan menggantung pun membuat skutik Honda yang satu ini semakin sporty. Beralih ke kaki-kaki dari spesifikasi Honda Vario 150 eSP yang menggunakan ban tubeless berukuran besar yakni 80/90 pada sisi depan dan 90/90 pada sisi belakang dengan velg berukuran 14 inci membuat handling skutik ini lebih stabil dan nyaman. Dengan kaki-kaki motor yang ditopang menggunakan ban jenis tubeless menjadikan Honda Vario 150 eSP sebagai skutik pertama yang diluncurkan oleh produsen motor di Indonesia karena menggunakan ban jenis ini. Kapasitas tangki bahan bakar sebesar 5.5 liter dirasa lebih dari cukup untuk menemani perjalanan panjang karena untuk 1 liternya Honda Vario 150 eSP dapat menembus jarak hingga 52,9 km. Sedangkan untuk penyimpanan bagasi di bawah jok pengemudi berkapasitas 18 liter yang sanggup menampung banyak barang-barang berukuran besar dan dapat menampung sebuah helm full face.
6. Dapur Pacu dengan Teknologi eSP
Selanjutnya mari kita beralih ke spesifikasi Honda Vario 150 eSP di sektor dapur pacunya yang menyuplai tenaga untuk motor matik 150cc dari Honda ini. Honda Vario 150 eSP ini memiliki mesin berkapasitas 149,3 cc dengan 4 langkah, SOHC berpendingin cairan, transmisi V-Matic dan memiliki kompresi pembakaran 10:6:1 menghasilkan tenaga yang besar untuk sekelas matik yaitu tenaga maksimal mencapai 9,3 kW (12,46 HP) pada putaran mesin 8.500 RPM dan torsi yang mantap mencapai 12,8 Nm pada putaran mesin 5.000 RPM. Dengan keluaran power yang sedemikian besar tersebut menghasilkan potensi yang cukup mumpuni karena Honda Vario 150 eSP ini memiliki Power to Weight Ratio (PWR) yang besar mencapai 0,114 Hp/Kg. Untuk Honda PCX 150 saja hanya memiliki Power to Weight Ratio (PWR) mencapai 0,99 Hp/Kg. Hal tersebut karena di dukung oleh bobot yang lebih ringan. Selain itu pengaplikasian mesin dengan teknologi eSP terbaru yang disempurnakan menjadikan skutik 150 cc terbaru ini lebih powerfull dan agresif. Bahkan dengan menggunakan injeksi PGM-FI yang digabungkan dengan teknologi eSP ini Honda Vario 150 eSP membukukan konsumsi BBM yang teririt di kelasnya karena mampu menembus jarak 52,9 km/liter dengan mengaktifkan fitur Idling Stop System (ISS). Dengan teknologi eSP yang disematkan pada spesifikasi Honda Vario 150 eSP membuat motor matik ini makin sempurna dan juga menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah dan lebih baik karena menerapkan aturan standar emisi Euro 3.
7. Fitur Serba Canggih untuk Membuat Anda Nyaman dalam Berkendara
Sedangkan untuk fitur-fitur dari spesifikasi Honda Vario 150 eSP ini memiliki fitur yang lengkap dan canggih untuk sebuah matik saat ini. Dimulai dari sistem pengunciannya yang menggunakan Ignition Key dengan pengaman kunci bermagnet (Magnetik Key Shutter) membuat sistem penguncian lebih aman untuk mencegah pencurian. Dan untuk membuka jok pengendara, pengguna Honda Vario 150 eSP hanya perlu menekan tombol “Seat” untuk membuka bagasi atau tangki bahan bakar. Fitur Answer Back System yang canggih akan memberikan kemudahan bagi pengendara untuk dapat mengetahui letak posisi motor jika lupa menempatkan Honda Vario 150 eSP pada suatu lokasi. Dengan hanya menekan tombol remote yang dihadirkan pada kunci maka motor akan memberi respons suara sekaligus semua lampu sein akan menyala.
Selanjutnya fitur teknologi eSP pada spesifikasi Honda Vario 150 eSP ini akan memaksimalkan pembakaran bahan bakar yang lebih efisien dan dapat meminimalisir terjadinya gesekan piston yang dapat memberikan bahan bakar terbuang percuma, serta dapat mengoptimalkan energi yang keluar. Lalu untuk ACG Starter yang merupakan fitur terintegrasi dengan teknologi eSP akan menghidupkan mesin Honda Vario 150 eSP dengan suara yang lebih halus dan nyaman. Sedangkan untuk fitur Idling Stop System (ISS) dapat memberikan konsumsi pembakaran BBM yang lebih hemat karena fitur ini akan menyesuaikan skutik ini saat berhenti dengan mematikan mesin selama 3 menit setelah berhenti dan untuk menghidupkan mesin kembali hanya perlu menarik tuas gas.
Selain itu, spesifikasi Honda Vario 150 eSP juga dilengkapi fitur-fitur canggih lain yaitu standar samping otomatis (Side Stand Switch) di mana mesin tidak dapat dinyalakan apabila dalam posisi turun, serta Brake Lock yang mudah dioperasikan untuk mencegah Honda Vario 150 eSP loncat saat dinyalakan atau motor tetap dalam kondisi diam saat berhenti di tanjakan. Dan fitur yang terakhir yang dapat ditemukan pada spesifikasi spesifikasi Honda Vario 150 eSP adalah Combi Brake System yang membantu pengereman roda depan dan belakang dengan porsi yang seimbang sehingga dapat mengurangi atau menghentikan laju kendaraan yang lebih optimal. Wah canggih ya bro dan sis!

B. Yamaha Aerox 155

Spesifikasi Yamaha Aerox 155

Mesin
  • Tipe Mesin : Liquid cooled 4 Stroke, SOHC, VVA (Variable Valve Actuation)
  • Daya : 14.8 HP /8000 rpm
  • Torsi : 14,4 Nm/6000 rpm
  • Strarter : Electric
  • Sistem Pelumasan : Basah
  • Sistem Pembakaran : Blue Core (Fuel Injection System)
  • Tipe Kopling : Kering, Centrifugal automatic
  • Pengoperasian transmisi : V-Belt Automatic
Dimensi
  • Kapasitas tangki : 4,5 liter
  • Bagasi : 25 Liter
Rangka
  • Tipe Rangka : Underbone
  • Suspensi Depan : Teleskopik
  • Suspensi Belakang : Unti Swing
  • Ukuran Roda : 14 Inci
  • Rem Depan : Single disc brake (ABS)
  • Rem Belakang : Tromol
  • Ban Depan : 110/80-14M/C 53P
  • Ban Belakang : 140/70-14M/C 62P
Fitur
  • Twin Eye LED Headlight
  • LED Tail anda Brake Light
  • Stop anda Start System
  • ABS
  • Keyless start (Immobilizer dan Answer Back System)
  • Blue Core

Spesifikasi Yamaha Aerox 155 

Seperti yang kami sampaikan diatas, Yamaha Aerox 155 merupakan nama lain dari Yamaha NVX 155 yang dipasarkan secara khusus untuk pasar Malaysia dan Vietnam. Sedangkan untuk pasar Indonesia dan Thailand, Yamah menggunakan nama Aerox 155. Sesuai namanya, motor matic ini dilengkapi mesin berkapasitas 155cc yang sebelumnya dipakai oleh Yamaha NMAX. Mesin tersebut mengadopsi teknologi SOHC dan memiliki empat buah katup yang dipadukan dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) dan sistem pendingin cairan (Liquid Cooled).
Hadirnya teknologi VVA (Variable Valve Actuation) mampu meningkatkan responsifitas mesin, sehingga motor ini bisa berasekelasi secara maksimal ketika berlaris pada kecepatan rendah hingga tinggi. Selain itu, tersedia pula 4 vales atau empat katum mesin yang membuat performa akselerasi Yamaha Aerox 155 semakin melesat mantap. Nah yang paling penting, motor matic ini telah dilengkapi teknologi Blue Core yang bergunakan untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar, sehingga performa mesin lebih bertenaga dan irit bahan bakar.
Mesin yang dipakainya tergolong bertenaga dan nantinya mampu mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 14.8 Horsepower yang bisa diraih pada putaran 8.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 14.4 Nm pada putaran 6.000 rpm. Dengan torsi yang besar, tentunya Yamaha Aerox 155 mampu berakselerasi dengan sangat cepat dan tenaganya akan disalurkan pada sistem transmisi yang memanfaatkan gearbox CVT. Tak hanya itu, Yamaha Aerox 155 juga dilengkapi teknologi Blue Core yang memastikan performa mesin selalu optimal.

Fitur Yamaha Aerox 155 Standar
Fitur Yamaha Aerox 155 Standar
Performa mesinnya tak perlu diragukan lagi dan sebanding dengan harga Yamaha Aerox 155 yang dibanderol cukup mahal. Harganya tidak akan berbeda jauh dengan Yamaha NMAX ataupun Honda Vario 150 eSP, karena ketiganya sama-sama dilengkapi mesin berkapasitas 150cc keatas. Berbekal mesin bertenaga prima, sudah pasti Yamaha Aerox 155 mampu melaju kencang melewati semua lawan-lawannya. Namun bukan itu saja kelebihannya, karena masih banyak fitur terkini yang membuat Yamaha Aerox 155 menjadi motor matic tercanggih di Indonesia.
Fitur andalan Yamaha Aerox 155 adalah speedometer Digital yang memanfaatkan layar LCD berukuran 5.8 inci. Semua informasi tersaji secara lengkap dan mudah dibaca penggunanya, sehingga membuatnya terasa lebih modern dibandingkan motor-motor matic yang tersedia dipasaran. Inilah salah satu faktor yang membuat harga Yamaha Aerox 155 dibanderol cukup mahal, karena rata-rata motor matic masih memakai speedometer analog. Selain itu, tersedia pula sistem keyless start yang memungkinkan pengendara dapat menghidupkan mesin tanpa menggunakan kunci.
Fitur Yamaha Aerox 155 R Version
Fitur Yamaha Aerox 155 R Version
Fitur stop and start system juga dimilikinya dan tersedia pula fitur immobilizer dan Answer Back System yang mengoptimalkan teknologi Keyless Yamaha Aerox 155. Semua fitur tersebut menjadi bukti kecanggihan Yamaha Aerox 155, sehingga motor matic ini diprediksi sukses besar dalam menarik minat konsumen yang sedan mencari motor matic terbaik di Indonesia. Namun bukan itu saja kelebihanya, karena Yamaha Aerox 155 menawarkan desain sporty yang dipadukan dengan lekukan bodi tajam pada setiap sisinya.
Sebanding dengan harga Yamaha Aerox 155, motor ini memiliki desain gahar dan agresif. Selain itu, tersedia pula roda berukuran 14 inci yang membuatnya memiliki ban lebih besar dibandingkan Yamaha NMAX yang mengadopsi roda berukuran 13 inci. Pada bagian depan juga terpasang rem cakram berukuran besar dan sayangnya masih menggunaka rem belakang tromol. Kabar baiknya, Yamaha melengkapi Yamaha Aerox 155 S Version dengan sistem pengereman ABS pada roda depannya

Fitur Yamaha Aerox 155 S Version
Fitur Yamaha Aerox 155 S Version
Sobat jangan heran apabila harga Yamaha Aerox 155 ABS dibanderol lebih mahal, karena sistem pengeremannya jauh lebih baik. Hadirnya Yamaha Aerox 155 ABS membuatnya mampu mengalahkan Honda Vario 150 eSP yang menawarkan sistem pengereman CBS (Combi Brake System). Selain itu, tersedia pula ruang penyimpanan berkapasitas 25 liter yang berada dibawah jok dan memiliki tangki bahan bakar berkapasitas 4.5 Liter.
Dibalik mahalnya harga Yamaha Aerox 155, tersedia pula lampu LED ganda yang menghiasi bagian depan motor ini.  Asal sobat ketahui, Yamaha akan memasarkan motor ini dalam tiga varian berbeda dan untuk varian tertinggi akan dilengkapi cakram depan berukuran 230 mm yang mengadopsi piringan cakram bertipe Wave-Type Disc Brake. Selain itu, tersedia pula suspensi belakang Sub-Tanks Type atau tabung berwarna emas. Nah itulah semua fitur yang dimilikinya, lalu berapakah sebenarnya harga Yamaha Aerox 155 versi standar dan harga motor Yamaha Aerox 155 ABS ?, mari kita lihat jawabanya dibawah ini.
Harga Yamaha Aerox 155
Harga Yamaha Aerox 155

Daftar Harga Yamaha Aerox 155 (Update)

Harga Yamaha Aerox 155 VVA Standar
  • Baru : Rp. 21.850.000
Harga Yamaha Aerox 155  S Version
  • Baru : Rp 26,150,000 ,-
Harga Yamaha Aerox 155  R Version
  • Baru : Rp 23,750,000 ,-
Harga Terbaru : Daftar Harga Motor Yamaha
Note :
  • Harga Yamaha Aerox 155 diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota beda pula harga motor Yamaha Aerox 155 VVA setiap tipenya
Pihak Yamaha belum mengeluarkan informasi resmi mengenai harga Yamaha Aerox 155 di Indonesia. Kabarnya skuter ini akan mulai dipasarkan pada tahun 2017 dan tersedia dalam tiga varian berbeda, yaitu versi standar, S Version, dan R Version. Prediksi kami, harganya tidak akan berbeda jauh dengan Yamaha NMAX yang dipasarkan mulai 24 Jutaan hingga 29 Jutaan untuk versi ABS. Mesin yang dipakai keduanya memang sama persis, namun Yamaha Aerox 155 menawarkan fitur lebih lengkap dan lebih canggih dibandingkan Yamaha NMAX. Semoga saja kelebihan tersebut tak membuat harga Yamaha Aerox 155 dibanderol lebih mahal dibandingkan NMAX.
Yamaha Aerox 155 menawarkan sensasi berkendara yang berbeda dibandingkan Yamaha NMAX 150, karena keduanya memiliki konsep desain yang berbeda. Bagi pecinta otomotif yang mencari motor matic bertenaga dengan desain sporty, pastinya lebih tertarik membeli Aerox 155. Sedangkan Yamaha NMAX lebih cocok bagi pecinta otomotof yang menginginkan motor matic yang mudah diajak bermanuver dan nyaman dikendarai dengan santai. Lalu bagaimana dengan sobat otomotif, kalian tertarik membeli yang mana ? “Salam Otomotif”